Kamis, 10 Oktober 2013

UV-Vis Spektrofotometer

Spektrofotometer adalah adalah photometer / instrument pengukur intensitas cahaya sebagai fungsi panjang gelombang. Berdasarkan banyaknya sumber cahaya, spektrofotometer terbagi menjadi single beam dan double beam spektrofotometer UV-Vis.


Skematik single-beam UV-Vis spektrofotometer

Prinsip kerja dari single-beam spektrofotometer UV-Vis diawali dengan adanya pemisahan berkas cahaya sumber oleh diffraction grating. Kemudian berkas cahaya tersebut diseleksi oleh kisi agar didapatkan intensitas tertentu. Kemudian berkas cahaya ini akan diserap oleh sample cuvette kemudian dideteksi oleh detektor. Sebelum dilakukan pengukuran terhadap larutan uji, terlebih dahulu diujikan sample cuvette yang berisi pelarut dari larutan uji. Pada pengujian ini akan didapatkan I0 yang merupakan intensitas cahaya yang melewati cuvette pelarut. Kemudian dengan proses yang sama dilakukan pengujian terhadap larutan uji dan akan didapatkan I yang merupakan intensitas cahaya yang melewati larutan uji. Kedua proses ini kemudian dibandingkan.


Skematik double beam UV-Vis spektrofotometer
(Bauer, H.H., Christian, G.D.,& O'Reilly, J.E., 1978)

Sementara pada double-beam spektrofotometer UV-Vis, prinsip kerja dari instrument ini diawali dengan adanya pemisahan komponen panjang gelombang cahaya yang berasal dari sumber radiasi UV-Visible oleh prisma ataupun diffraction grating. Kemudian berkas sinar monokromatis akan terbagi menjadi dua bagian dengan intensitas yang sebanding dengan mirror dan dipantulkan. Berkas cahaya yang dipantulkan masing-masing melewati cuvette berisi larutan referensi (berisi pelarut dari larutan uji) dan cuvette berisi larutan uji,kemudian  berkas cahaya yang melewati kedua cuvette ini dideteksi oleh detektor. Kedua proses yang bersamaan ini kemudian dibandingkan.



1 komentar: