Selasa, 17 September 2013

Mengenal Geotagging dan Penggunaannya

Geotagging merupakan proses penambahan identifikasi metadata untuk memvariasikan suatu media seperti fotografi, video, website, sms, RSS (sejenis blog), dan bentuk dari geospatial metadata. Data yang dimasukkan biasanya terdiri dari longitude, latitude, altitude, bearing (navigasi), jarak, akurasi data, dan nama tempat. Dengan menggunakan geotagging, pengguna dapat menemukan suatu lokasi dengan informasi yang lebih spesifik. Pengguna juga dapat menemukan gambar pada lokasi tertentu dengan memasukkan arah lintang dan bujur. Dengan menggunakan geotagging ini dapat disisipkan berupa gambar atau media yang dapat menunjukkan lokasi tersebut.

Teknik Geotagging :
Basis dari geotagging adalah posisi.Pada kebanyakan kasus posisi ini diketahui dari GPS. Disamping longitude dan latitude system menunjukkan tiap lokasi dari bumi 180 derajat barat sampai 180 derajat timur sepanjang equator dan 90 derajat utara sampai 90 derajat selatan meridian (bujurutama).  Ada 2 pilihan melakukan geotagging yaitu, dengan mengambil informasi posisi dari GPS atau melampirkan petanya setelah gambar tersebut diambil. Data GPS diambil ketika foto diambil, harus digunakan kamera yang di dalamnya sudah terdapat aplikasi GPS atau kamera yang terhubung dengan GPS.Karena kebutuhan ini maka sekarang banyak terdapat chip GPS yang tertanam di dalam teleponseluler. Beberapa telepon seluler seperti iphone dan motorolla backflip memiliki chip GPS didalamnya dan dapat secara otomatis dapat dilakukan geotagfoto. Yang lainnya memiliki chip GPS didalamnya tetapi tidak memiliki software yang dibutuhkan untukmemprosesinformais GPS. Beberapa kamera digital dapat melakukan geotagging secara otomatisseperti Nikon, Sony dan Ricoh. Kebanyakan kamera digital digabungkan dengan GPS dan diproses dengan menggunakan software seperti GPS-photolink, alta4, every trail untuk menuliskan informasi lokasi gambar pada EXIF HEADER. Koordinat geografis dapat ditambahkan pada foto setelah dilampirkan pada peta menggunakan Flickr atau Panoramio. Program-program ini kemudian dapat menuliskan informasi lokasi pada foto EXIF HEADER.

Geotagged photograph :
Geotagged photograph adalah foto yang dihubungkan dengan lokasi geografi oleh proses geotagging. Biasanya ditandai dengan longitude, latitude, altitude option, navigasi, dan arah kamera. Ada beberapa metode geotagging, metode automatic dan manual. Metode otomatik lebih mudah dan menghasilkan signal lebih bagus.

Automatic  using a built in GPS
Seperti telah disebutkan diatas terdapat beberapa kamera yang telah menggunakan aplikasi GPS didalamnya.
Secara otomatis terhubung dengan GPS
Contohnya Canon menggunakan USB  socket pada wireless file transmitter unit (WFT) sebagai GPS interface.  Beberapa kamera digital mendukung adanya GPS eksternal yang terhubung dengan kabel atau disisipkan memori card didalamnya. Data GPS secara otomatis tersimpan dalam EXIF.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar