Selasa, 20 Agustus 2013

Eddy Current Proximity Sensors

Sensor ini dapat mendeteksi perubahan medan magnet yang disebabkan karena adanya suatu material yang mengganggu medan magnet tersebut. perubahan medan magnet ini dapat dideteksi oleh probe sensor yang nilainya sebanding dengan jarak target dan bergantung pada magnetic properties dan konduktifitas material. Material yang dapat dideteksi oleh sensor ini dapat berupa material magnetic, nonmagnetic, ferrous, dan non-ferrous. 

Dalam aplikasinya, sensor ini biasanya digunakan untuk pengukuran posisi dan pengukuran vibrasi. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan sensor ini disamping dari sifat pengukurannya yang non-kontak, sensor ini juga memiliki resolusi yang tinggi dan cocok untuk lingkungan yang berpolusi.

Secara spesifik, pada projek ini digunakan proximity switch. Karena bekerja berdasarkan prinsip Eddy Current Killed Ocillator, maka sensor ini sering disebut ECKO switch.

Gambar berikut menunjukkan beberapa contoh dari proximity switch.




Sementara gambar block diagram dari sensor ini ditunjukkan pada gambar berikut



Dari gambar ini tampak bahwa supply energy berasal dari oscillator. Oscillator menghasilkan flux magnet. Ketika sensor tidak mendeteksi apapun, kekuatan dari oscillator ini maksimum. Ketika sensor mendeteksi suatu objek, rangkaian integrator akan mendeteksi perbedaan di dalam rangkaian oscillator dan mengirimnya sebagai output untuk mentrigger , dan kemudian akan mengaktifkan bagian output dari proximity switch.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar