Rabu, 21 Agustus 2013

PRESSURE GAUGE

Pressure gauge merupakan suatu alat yang dapat mengubah tekanan yang diterima oleh alat tersebut menjadi gerakan mekanik, yang kemudian tekanan yang diterima dapat diketahui besarnya. Beberapa jenis pressure gauge yang sering digunakan sebagai sensor tekanan yaitu bourdon tube, diaphragm, bellows, manometers. Selain pressure gauge juga ada pressure transducer yang merupakan elemen sensor dari gauge yang dapat mengubah gerakan mekanik dari gauge menjadi elektris. Pressure transducer memiliki beberapa tipe yaitu strain gauge, capacitive, potentiometric, inductive, reluctive, optical, resonant wire, dan  piezoelectric.
Berikut ini merupakan penjelasan dari beberapa pressure gauge yang sering digunakan:

1.      Bourdon tube

Instrumen ini merupakan salah satu dari jenis sensor tekanan yang paling pertama digunakan namun masih tetap digunakan hingga sekarang. Bourdon tube ini pertama kali dipatenkan tahun 1849 di Perancis oleh Eugene Bourdon, instrumen ini dapat digunakan untuk mengukur tekanan cairan dan segala jenis gas, termasuk uap, air, dan udara hingga tekanan 100.000 pon per inchi kuadrat. Bourdon tube memiliki beberapa jenis seperti C-shaped, helical, dan spiral. Perubahan tekanan terdeteksi oleh pipa yang ada pada instrumen ini, bentuk pipa yang ada pun berbeda-beda.

2.      Diaphragm
Instrumen ini memanfaatkan perubahan fleksibel membran yang ada akibat pengaruh dari perubahan tekanan yang mengenainya. Perubahan-perubahan yang terjadi dibaca berulang-ulang agar dapat diketahui tekanannya sehingga tekanan dapat diketahui dengan cara pengkalibrasian.

3.      Manometers
Manometer merupakan salah satu instrumen atau alat untuk mengukur tekanan, tetapi tekanan yang dapat diukur terbatas pada tekanan yang mendekati tekanan atmosfer. Biasanya manometer digunakan untuk mengukur tekanan hidrostatik pada suatu cairan yang spesifik.

Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar