Minggu, 11 Agustus 2013

Capasitive Sensor



Sensor kapasitif adalah teknologi yang berbasis pada kopling kapasitif, digunakan dalam berbagai jenis sensor, termasuk untuk mendeteksi dan mengukur: posisi atau perpindahan, ketinggian, tingkat luquiditas, dan percepatan. Sensor Kapasitif pada peralatan yang digunakan manusia, seperti mouse, trackpads dan lain lain menjadi sangat menjadi populer.
Sensor kapasitif mendeteksi sesuatu yang konduktif atau memiliki dielektrik yang berbeda dari udara. Sedangkan aplikasi penginderaan kapasitif dapat menggantikan tombol mekanik dengan alternatif kapasitif, teknologi lain seperti multi-touch dan gesture berbasis sentuh juga didasarkan pada penginderaan kapasitif
Sensor kapasitif dapat dirakit dari media yang berbeda, seperti tembaga, timah oksida Indium (ITO) dan tinta cetak. Tembaga sensor kapasitif dapat diimplementasikan pada standar FR4 PCB serta pada material yang fleksibel. ITO memungkinkan sensor kapasitif harus up to 90% transparan (untuk satu solusi lapisan). Ukuran dan jarak dari sensor kapasitif keduanya sangat penting untuk kinerja sensor. Selain ukuran sensor, dan jarak relatif terhadap bidang tanah, jenis ground yang digunakan adalah sangat penting karena kapasitansi parasit dari sensor berhubungan dengan medan listrik (E) jalan ke ground, penting untuk memilih bidang tanah yang membatasi konsentrasi bidang e-baris dengan tidak hadir objek konduktif.
Merancang sebuah sensor kapasitansi membutuhkan pertama memilih jenis materi sendor (FR4, Flex, ITO, dll). Satu juga perlu memahami lingkungan perangkat akan beroperasi, seperti penuh suhu operasi jangkauan, apa frekuensi radio yang hadir dan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan antarmuka.

Ada dua jenis sensor kapasitansi: kapasitansi bersama, di mana objek (jari, stylus konduktif) mengubah kopling timbal balik antara baris dan kolom elektroda, yang di-scan secara berurutan dan self-atau kapasitansi mutlak dimana objek (seperti jari) sensor beban atau meningkatkan kapasitansi parasit ke tanah. Dalam kedua kasus, perbedaan dari sebelumnya posisi absolut dari posisi absolut ini menghasilkan gerak relatif dari objek atau jari selama waktu itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar