Sabtu, 17 Agustus 2013

SENSOR TEMPERATUR RADIASI

Sensor infra merah

Komponen dari sensor ini adalah lensa, penyearah emisi, detektor, temperatur internal, dan pengukur temperatur yang belum diketahui.  Radiasi infra merah dari objek akan difokuskan pada detektor dengan menggunakan lensa. Dengan penyearah emisis, arah radiasi yang bergerak ke detektor dapat lurus. 


Pada pengukurannya, sensor infra merah  dapat dibedakan menjadi pengukuran pasif dan pengukuran aktif. Contoh untuk pengukuran aktif adalah single-point infrared temperature sensor. Sistem pengukuran ini adalah menembakkan sinar infra merah pada objek dan mendeteksi radiasi infra merah yang dipantulkan objek.


Pada pengukuran pasif, sensor yang digunakan adalah infrared thermocouple sensor. Sensor ini tidak menembakkan infra merah secara langsung melainkan mendeteksi infra merah dari suatu objek. Sensor ini unggul pada biaya yang murah dan dapat dipasang pengendalian termokopel konvensional. Sensor ini memiliki karakteristik yang sama dengan termokopel.


Interferometric Sensor

Sensor ini memanfaatkan modulasi intensitas cahaya dengan interferensi dua garis cahaya. Salah satu cahaya pada sensor ini dijadikan sebagai acuan, sedangkan yang lain adalah cahaya yang berasal pada medium yang sensitif terhadap temperatur. Fase yang bergeser akan mengakibatkan interferensi. Perhitungan temperatur menggunkanan silikon yang dapat mengalami perubahan indeks bias terhadap perubahan temperatur. Perubahan  ini lah yang mengakibatkan modulasi cahaya. 


Thermochromic Solution Sensor

Sensor ini biasa digunakan pada dunia biomedis. Basik dari sensor ini adalah pengukuran temperatur yang bergantung terhadap spektrum cahaya tampak. Sensor ini memiliki cara kerja yang sama dengan interferometric sensor, hanya saja interferometric sensor bermasalah pada penggunaannya di medis sehingga digunakan cobalt chloride sebagai solusinya. Sensor ini terdiri dari dua desain, yaitu reflective fiber coupling dan transmissive coupling. Kedua desain ini memiliki ciri-ciri pada fiber optik transmitter dan receiver dikopel pada cobalt chloride


Tidak ada komentar:

Posting Komentar