Rabu, 21 Agustus 2013

GRAVIMETRIC BIOSENSOR

Berdasarkan kamus Merriam-Webster, gravimetric didefinisikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan pengukuran berat atau dapat juga didefinisikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan medan gravitasi yang ditentukan oleh gravimeter. Gravimeter atau gravity meter menurut ensiklopedia Britanica berarti suatu divais yang digunakan untuk mengukur variasi medan magnet bumi.

Quartz Crystal Microbalance Sensors
QCM adalah sensor yang digunakan untuk mengukur massa. Sensor ini sangat sensitive terhadap perubahan massa.  QCM terdiri dari thin Quartz Sandwitch yang diletakkan diantara sepasang electrode.  Quartz merupakan material piezoelektrik yang akan terdeformasi ketika medan magnet melewati elektroda. Kristal Quartz mempunyai frekuensi resonansi yang bergantung pada total osilasi massa.


Microcantilever  Sensor
Sensor ini menawarkan beberapa keuntungan diantaranya ukurannya kecil, high-precision, mudah digunakan untuk menjadi element sensor lainnya. Cara kerja sensor ini berdasarkan pada respon variasi tekanan pada permukaan atau beban massa. Interaksi antara immobilized ligand (DNA probe) dan analyte (DNA target) menyebabkan perubahan tekanan permukaan cantilever dan dapat mendeteksi perubahan di dalam cantilever deflection. 
Cara kerja dari Microcantilever  Sensor :



Surface Acoustic Wave (SAW) Sensors
SAW adalah gelombang akustik yang merambat sepanjang permukaan material elastic dengan amplitudo yang meluruh secara eksponensial di kedalaman substrat. Fenomena SAW ini pertama kali dijelaskan pada tahun 1885 oleh Lord Rayleigh. Di dalam papernya dia mendeskripsikan penyebaran surface acoustic mode beserta propertinya. Hal ini kemudian dinamakan Rayleigh Waves. Rayleigh Waves adalah gelombang yang mempunyai komponen longitudinal dan komponen pergeseran vertical yang dapat digabungkan dengan banyak media dengan cara kontak permukaan. Penggabungan ini akan membuat amplitude dan kecepatan gelombang semakin besar, oleh karena itu sensor ini dapat mendeteksi masa dan property mekanik lainnya.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar